Rabu, 29 Januari 2020

Hitler, Sekrup Kamar Mandi Pesawat, dan Jack Sparrow


Jika kita tidak bisa menghargai seseorang karena satu atau lain hal, usahakanlah untuk tidak lantas meremehkan orang tersebut. Banyak hal menjadi berantakan gara-gara sikap, ucap, atau bahkan gestur yang bisa dianggap mengabaikan.

Hitler menjadi begitu destruktif karena pada mulanya kekuatannya dipandang sebelah mata dan sekutu menganggapnya tidak penting dan tidak segera menghentikannya di Munich (saya tahu dari film Godfather Part II). 

Dalam sebuah investasi kecelakaan pesawat jatuh, ditemukan fakta bahwa penyebab terjadinya musibah tersebut adalah adanya satu sekrup yang ucul di kamar mandi pesawat (saya tahu dari buku Kelirumologi-nya Jaya Suprana jilid berapa entah lupa).

Pada permulaan film Pirates of Caribbean, Jack Sparrow tidur-tiduran di dalam penjara. Seorang sipir yang melintas menyempatkan diri untuk berhenti dan berkata kepadanya, “Oh, ini toh yang namanya Jack Sparrow.”

Si sipir mengucapkan hal tersebut sambil menggerak-gerakkan tubuhnya sedemikian rupa dan mengedarkan pandangnya pada sisi-sisi tembok ruang penjara.

Jack Sparrow dengan santai menimpali, “Ya. Tapi kau sudah mendengar tentangku.”

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search