Minggu, 10 September 2017

Kelebihan Sarung

Kelebihan Sarung
Manusia berbeda dengan hewan lain pada beberapa hal mendasar. Pertama, manusia bisa mikir. Penelitian-penelitian terbaru memiliki tren kesimpulan bahwa manusia tidak sendirian dalam kemampuannya berpikir. Ada jenis hewan lain yang terbukti secara empiris mampu mikir, tentu dengan kadar tertentu. Tapi pada umumnya kita menganggap kemampuan sebagian hewan yang nyaingin manusia tersebut sebagai memori dan insting.

Kedua, manusia adalah hewan yang dolanan. Bahasa sononya homo luden. Institusi permainan memiliki peranan penting bagi perkembangan awal hidup manusia. Anak kecil nggak usah diajarin sukanya sudah main-main. Mulai mainin lipstik mamanya hingga kelak mainin perasaan pacarnya. Halah.

Dan unsur terpenting dalam sebuah permainan adalah aturan. Aturan main. Yang harus dipatuhi oleh para pemain. Yang menentukan siapa menjadi apa. Di sinilah letak pentingnya sebuah permainan buat anak-anak. Juga bapak-bapak: aturan main. Dengan semakin sering anak-anak main, semakin intens pula mereka berlatih mematuhi aturan. Terbiasa memainkan peran. Suatu hal yang secara alamiah merupakan institusi tempat manusia-manusia kecil dilatih untuk menghadapi kehidupan saat kelak menjadi anak-anak besar alias bapak-bapak.

Ketiga, manusia adalah hewan yang berpakaian. Ada, sih, suku pedalaman yang tak memakai baju. Tapi tetap saja mereka mengenakan entah kulit kayu entah gigi ikan hiu dan disematkan di beberapa bagian tubuh mereka. Tidak ada manusia yang telanjang bulat.

Jika kita melihat gorilla atau buaya, tubuh mereka dilindungi oleh bulu tebal atau kulit keras sehingga tahan cuaca dan gangguan lain dari semesta. Lha manusia? Kulitnya begitu tipis, tanpa bulu kecuali hanya di sela-sela bagian tertentu. Kena angin dikit aja langsung kudu kerokan. Mereka butuh perlindungan. Dan pakaian hadir menjawab kebutuhan tersebut.

Dan seperti segala sesuatu yang lain tentang manusia, pakaian juga mengalami evolusi, baik dari segi fungsi maupun bentuknya. Mula-mula pakaian berfungsi sebagai pelindung dari semesta. Lalu menjadi penutup rasa malu. Pakaian juga dalam suatu waktu dan keadaan tertentu menjadi penentu status sosial dan gender. Pakaian bisa jadi simbol perlawanan budaya. Pakaian juga merupakan gaya. Bentuk pakaian juga bermacam-macam. Ada yang universal dan ada yang khas suatu kebudayaan. Ada yang mengalami perkembangan model dan ada yang timeless. Dan di antara yang tak lekang jaman adalah sarung. Ia menjadi timeless bukan tanpa alasan. Sarung tak lekang jaman karena memiliki banyak kelebihan. Apa saja?

1. Praktis
Sekali kita tahu cara mengenakannya, maka tidak ada pakaian yang lebih praktis cara mengenakannya tinimbang sarung. Tinggal masuk, sret, sret, gulung.

2. Kapasitas lapang
Sarung menjanjikan kapasitas ruang kabin yang lapang. Memberikan kita ruang gerak yang luas dan langkah yang lebar. Sarung mampu mengembang dan menyempit otomatis.

3. Fleksibel
Sarung bisa dipakai siapa saja dan pantas dikenakan untuk agenda sosial apa saja. Mulai presiden hingga tukang jaga ronda. Sarung juga bagus dikenakan untuk salat, pantas untuk kondangan, jalan-jalan atau main bola. Bahkan juga cocok untuk dikenakan saat duduk di pelaminan. Sarung selain digunakan sebagai bawahan juga bisa dimanfaatkan menjadi kemul saat kedinginan, menjadi alas waktu piknik, menjadi syal dan digelungkan di leher. Sarung juga bisa disulap menjadi ayunan bayi.

4. Sehat
Memakai sarung menyehatkan, karena tidak ada aliran darah dan lipat otot yang tersumbat dan tertekuk oleh lekuk sarung. Aliran udara juga tidak terhambat masuk, sehingga sirkulasinya sangat bagus, memberikan kualitas udara yang terus terperbaharui.

5. Reliabel
Sarung memang memiliki range harga yang variatif. Tapi secara umum sarung mudah dan murah perawatannya. Sarung mudah lebih mudah dicuci dan dibersihkan karena tak memiliki lipatan. Sarung enak disetrika karena bentuknya sederhana. Sarung juga tak mudah mbrodol karena hanya memiliki satu garis lurus jahitan saja.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search